Archipelago Selenggarakan Commercial Summit 2025 Bersama 143 Hotel dari Seluruh Indonesia
Tripbiru.id-Jakarta,Archipelago, operator hotel terkemuka di Indonesia, dengan sukses menyelenggarakan Commercial Summit 2025 pada tanggal 10 hingga 13 Februari 2025 di Aston Kartika Grogol Hotel & Conference Center, Jakarta.
Acara ini dihadiri oleh lebih dari 180 peserta yang terdiri dari para pemimpin divisi penjualan, pemasaran, serta PR dari 143 hotel-hotel Archipelago di seluruh Indonesia, mulai dari Sumatra hingga Papua.
Dengan tema Purposeful Marketing: Driving Commercial Growth in a Digital World, Commercial Summit 2025 menjadi momen penting untuk mempertemukan para sales leader dan marketing communication hotel dengan mitra bisnis terkemuka dalam mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman, mengembangkan pengetahuan, dan merumuskan strategi untuk meningkatkan pertumbuhan komersial di era digital.
Acara dimulai dengan Welcome Dinner dimeriahkan dengan penampilan dari para peserta summit dengan adanya kompetisi Commercial Got Talent (CGT) sebagai ajang pencarian bakat dan talenta dari para staf jaringan hotel Archipelago di seluruh Indonesia.
Para peserta penampilan CGT dipilih melalui seleksi panjang dari tingkat nasional hingga menjadi 8 besar, dimana nantinya pemenang dari masing-masing wilayah akan bertanding kembali di Gala Dinner Commercial Summit 2025.
Acara dilanjut di hari kedua dengan conference day yang membahas berbagai topik penting di dunia pemasaran digital.
Beberapa topik utama yang dibahas beserta para pembicara antara lain:“Purposeful Marketing Driving Commercial Growth in A Digital World” oleh Chris Legaspi, CDMP, CHLS, CHIA, CRME – Chief Commercial Officer di Archipelago.
“Hotel Performance Update” oleh Joanne Cohen – Account Manager – Pacific di STR. “Introduction of Tripbtoz” oleh Jiha Jung – Founder dan CEO di Tripbtoz. “The Holistic Approach: Building Sales and Operations Synergy” oleh Winston Hanes – VP of Operations di Archipelago.
“The Role of HR in Building High-Performing Teams“ oleh Donny Rommy – Director of HR di Archipelago. “The Power of PR: Shaping Brand Perception & Driving Commercial Success” oleh Sari Kusumaningrum – Sr. Director of Corporate Communications & PR di Archipelago.
“Transforming Data into Insights: Strategies for Effective Data Utilisation” oleh Joanne Cohen – Account Manager di STR.“Shaping the Future of Travel Across APAC” oleh Louis Alfonso Kodoatie – Country Market Manager di Traveloka.“Driving Commercial Growth in Digital Area” oleh Erwino Fially Kindangen – Area Manager Chain & New Acquisition di Tiket.com.
“Driving Commercial Growth in the Digital World” oleh Jibril Malik – GM Contracting di MG. “The Open Marketplace for Rooms” oleh Jerome Dela Cruz – Director of Business Development APAC di HyperGuest. “Psychological Marketing” oleh John Flood – Chief Executive Officer di Archipelago.
Acara ini mencapai puncaknya dengan malam penghargaan yang mengapresiasi pencapaian luar biasa tim hotel Archipelago di tahun 2024. Penghargaan diberikan kepada hotel-hotel yang telah menunjukkan keunggulan dalam berbagai kategori.
Acara ini juga merayakan para pemenang dari penghargaan prestisius Archipelago, yang mengakui individu-individu yang telah memberikan kontribusi yang signifikan.
Pemenang Penghargaan Commercial Summit 2025, Best Social Media Performance 2024 – Aston Palu Hotel & Conference Center. Marketing Campaign of the Year 2024 – Aston Tanjung City Hotel. Best Leadership 2024 – Edo Damara – Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center.
Best Customer Relationship & Market Influence 2024 – Riris A Tambunan – The Grove Suites by Grand Aston. Best Innovation & Strategic Thinking 2024 – Edo Damara – Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center.Best Collaboration & Internal Impact 2024 – Regge Mantik – Aston Kuta Hotel & Residence.
Best Personal Growth & Professional Development 2024 – Edo Damara – Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center. Best Outstanding Commercial Leader 2024 – Edo Damara – Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center.
Adapun 5 besar serta pemenang Commercial Got Talent 2025, yaitu;Juara 1: Raja Nadira Shaheila Putri – Aston Inn Gideon Batam. Juara 2: Elissa Fitriana – Grand Aston Puncak Hotel & Resort.Juara 3: Soraya Amelia – favehotel Pantai Losari – Makassar. Posisi 4: Tristina Kusumasari – The Alana Hotel & Convention Center – Yogyakarta dan Posisi 5: Andri Setyawan – Aston Samarinda Hotel & Convention Center.
“Commercial Summit 2025 menandai tonggak penting dalam memperkuat divisi komersial kami—menyatukan penjualan, distribusi, manajemen pendapatan, dan pemasaran. Acara ini bertujuan membekali tim kami dengan kemampuan yang tepat untuk menavigasi dunia yang semakin digital sambil menerapkan Pemasaran yang Bertujuan—pemasaran yang strategis, berbasis data, dan terkait langsung dengan kesuksesan komersial.” ucap Chris Legaspi, Chief Commercial Officer Archipelago.
“Dengan mendorong inovasi dan kolaborasi, kita dapat mengubah tantangan menjadi peluang dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan,” kata Chris.
Dalam rangkaian acara Commercial Summit tahun ini, juga diadakan Sales Blitz dan Archipelago PR Workshop & Media Connect.
Diikuti oleh 125 peserta dari setiap hotel di bawah naungan Archipelago, bersamaan dengan beberapa instansi pemerintahan seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Desa dan Transmigrasi, Kementerian Ketenagakerjaan serta instansi BUMN seperti Pertamina & OJK.
Untuk Archipelago PR Workshop diikuti oleh 56 Marcom & Sales Leader dari hotel Archipelago. Archipelago PR Workshop mengundang Pembicara, Sudrajat, selaku Dewan Redaksi & Ketua Komite Etik Detik.com membahas mengenai manajemen krisis dan trend pada media saat ini.
Pembicara kedua adalah @Metadigital.az selaku Digital Creative Influencer, yang membahas mengenai Social Media Hacks.
Kegiatan ini juga disertai dengan Media Connect, dengan konsep Speed Networking, dimana seluruh peserta mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan 10 Media, untuk menjalin relasi antara Marcom & Sales Leader serta Media Nasional untuk menciptakan peluang berkolaborasi.
Dari seminar yang mendalam hingga diskusi panel yang menginspirasi, peserta dilengkapi dengan strategi dan wawasan terkini untuk menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan di industri perhotelan yang terus berkembang.
Dengan dukungan dari mitra seperti Traveloka, Tiket, MG, Hyperguest, Tripbtoz, dan STR, Commercial Summit 2025 tidak hanya menjadi ajang berbagi ilmu, tetapi juga platform untuk memperkuat hubungan dan membangun kolaborasi yang lebih erat. ars